ORM (Object Relational Mapping)

Didalam pembangunan sebuah aplikasi yang dimana menggunakan database untuk melakukan pengolahan data pastinya tidak akan pernah luput dalam penerapan tehnik pemetaan object ke dalam database atau biasa disebut ORM (Object Relational Mapping).

jadi pengertian ORM sendiri adalah tehnik pemetaan Object kedalam database ,mungkin terlalu singkat memang pengertianya tetapi didalam implementasi terdapat sebuah proses yang cukup kompleks didalamnya, nah didalam implementasi seorang programer akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang pertama seorang programer mempunyai tehnik tersendiri dalam melakukan implementasi ORM atau juga seorang programer bisa menggunakan framework ORM,!!

nah apa itu yang namanya framework ORM ....??

framework ORM adalah Teknologi yang digunakan dalam melakukan implementasi ORM,
jadi perlu dipahami disini antara ORM dan framework ORM ,framework ORM adalah Teknologi yang digunakan dalam Implementasi ORM sedangkan ORM adalah Tehnik pemetaan object dengan database.

berdasarkan pengalaman saya akan menjelaskan beberapa framework ORM yang pernah atau yang sedang saya gunakan yaitu
1.Ibatis Framework/MyIbatis adalah sebuah framork yang memudahkan untuk melakukan pemetaan                       Object kedalam database dimana dalam penulisan sql statement dimuat kedalam xml.
2.Entity Framework adalah kumpulan Teknologi ADO.NET memudahkan untuk melakukan                                     pemetaan  Object kedalam database juga entity frame bisa bekerja sebagai ERM(Entity Relationship Model)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengerti,tentang deklarasi Variable,Type data,Funtion,dan Method yang mendasar C#

Mengenal pemrograman C#

Tahap tahap belajar C#